%0 Generic %A INTAN , KHASANA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:72051 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGEMBANGAN FLASHCARDS BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI GERAK LURUS %U http://digilib.unila.ac.id/72051/ %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan Desain Research and Development (R&D) model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan. Flashcards berbantuan augmented reality untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Kevalidan produk dinilai oleh 3 orang ahli yang terdiri dari aspek penilaian materi dan konstruk serta aspek penilaian media dan desain dengan hasil skor rata-rata keseluruhan 3,64 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan produk dinilai dari aspek keterbacaan dan aspek persepsi guru dengan memperoleh persentase rata-rata keseluruhan sebesar 95% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan analisis hasil data disimpulkan bahwa produk hasil pengembangan flashcards berbantuan augmented reality pada materi gerak lurus telah valid dan praktis untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Kata kunci: Flashcards, Augmented Reality, Minat Belajar, Gerak Lurus.