%0 Generic %A ADINDA , AZZAH NURKHALIZA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:72094 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP KREATIVITAS PENDIDIK DAN KOMUNIKASI VISUAL DENGAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN METRO SELATAN %U http://digilib.unila.ac.id/72094/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SDN Gugus Diponegoro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi peserta didik terhadap kreativitas pendidik dan komunikasi visual secara bersama-sama dengan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SDN Gugus Diponegoro. Jenis penelitian ini yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 50 orang peserta didik dan semua populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi peserta didik terhadap kreativitas pendidik dan komunikasi visual dengan hasil belajar IPA peserta didik. Ditunjukan dengan koefisien korelasi sebesar 0,780 berada pada kriteria “kuat”. Kata kunci : hasil belajar, komunikasi visual, kreativitas. The problem in this research is the low science learning outcomes of class IV students at SDN Gugus Diponegoro. This study aims to determine the relationship between student perceptions of educator creativity and visual communication together with the science learning outcomes of class IV students at SDN Gugus Diponegoro. This type of research is ex-post facto correlation. The population is 50 students and all populations are used as research samples. Data collection techniques are observation, interviews, questionnaires, and documentation studies. The data collection instrument was a questionnaire with a Likert scale, which was previously tested for validity and reliability. The results showed that there was a positive and significant relationship between students' perceptions of educator creativity and visual communication with students' science learning outcomes. Shown by a correlation coefficient of 0.780 is in the "strong" criteria. Keywords: learning outcomes, visual communication, creativity.