%0 Generic %A MASROFAH, MASROFAH %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:72103 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T ANALISIS FAKTOR KESULITAN MEMBACA DAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS RENDAH SD NEGERI 8 METRO TIMUR %U http://digilib.unila.ac.id/72103/ %X Permasalahan peserta didik yang belum bisa membaca dan menulis saat pembelajaran di kelas, menjadi kendala pendidik saat melaksanakan pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan faktor kesulitan membaca dan menulis yang melatarbelakangi peserta didik serta solusi untuk mengatasi kesulitan membaca dan menulis peserta didik kelas rendah SD Negeri 8 Metro Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu peserta didik, pendidik, dan orang tua peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas rendah SD Negeri 8 Metro Timur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kesulitan kesulitan mengingat huruf, belum mengetahui huruf konsonan, belum mengetahui huruf diftong, belum mengetahui huruf digraf, belum mampu membaca satu kalimat, kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, belum mengetahui fungsi penggunaan tanda baca, belum mampu menulis dengan benar semua huruf konsonan, kesulitan pada saat menulis satu kalimat, kesulitan pada saat didekte. Faktor dari kesulitan membaca dan menulis yaitu faktor internal, faktor eksternal, faktor lingkungan, faktor psikologis. Solusi yang diberikan pendidik dikelas yaitu pendidik menyempatkan waktu untuk membimbing peserta didik di kelas dengan memanggil peserta didik yang kesulitan membaca dan menulis, pendidik menggunakan media seperti buku membaca untuk melatih dan menggunakan buku tegak bersambung untuk melatih menulisnya, pendidik bekerja sama dengan orang tua dalam memantau perkembangan peserta didik. Kata kunci : faktor kesulitan membaca, faktor kesulitan menulis, kelas rendah, keterampilan The problem of students who have not been able to read and write while learning in class, becomes an obstacle for educators when carrying out learning. This study aims to analyze and describe the factors behind reading and writing difficulties for students and solutions for overcoming reading and writing difficulties for low grade students at SD Negeri 8 Metro Timur. This study uses a qualitative method. Sources of data in this study are students, educators, and parents of students. The subjects in this study were low grade students at SD Negeri 8 Metro Timur. Data collection techniques in this study are observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate difficulty remembering letters, not knowing consonants, not knowing diphthongs, not knowing digraphs, not being able to read one sentence, having difficulty distinguishing letters that are almost the same shape, not knowing the function of using punctuation marks, not being able to write correctly all consonants, difficulty when writing one sentence, difficulty when dictated. The factors of reading and writing difficulties are internal factors, external factors, environmental factors, psychological factors. The solution given by educators in class is that educators take the time to guide students in class by calling students who have difficulty reading and writing, educators use media such as reading books to train and use cursive books to train writing, educators work closely with parents in monitoring student development. Keywords: lower grade, reading difficulty factor, skill, writing difficulty factor