%A 0713052045 Shufiyanti Arfalah %T STUDI KASUS SISWA UNDERACHIEVER DI SMP NEGERI I KOTABUMI LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %X Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah ?bagaimanakah karakteristik siswa underachiever? dan apakah faktor yang menyebabkan siswa menjadi underachiever?? Tujuan yang ingin dicapai untuk memperoleh gambaran mengenai karakteristik siswa yang mengalami underachiever serta faktor-faktor penyebabnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan model penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara semiterstruktur, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah satu orang siswa yang mengalami underachiever. Analisis data menggunakan teknik model Miles dan Huberman. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu HT mengalami underachiever dengan karakteristik antara lain rendahnya self-esteem (rendahnya konsep diri) dan juga rendahnya konsep diri akademik. Karakter lainnya HT menghindari tugas-tugas sekolah, lebih tertarik pada kegiatan diluar kegiatan sekolah, bergantung pada orang lain dalam mengerjakan tugas-tugasnya, kurang baik dalam pengerjaan tugas sekolah, kebiasaan belajar kurang baik, memiliki masalah penerimaan dengan teman sebaya dan seringkali kurang jujur. Faktor-faktor yang menyebabkan HT mengalami underachiever antara lain aktivitas belajar yang kurang dan tidak adanya pengawasan orangtua. Faktor yang berkaitan dengan kondisi psikologis yang ditandai dengan rendahnya harapan atau target, self-esteem yang rendah dan takut mengalami kegagalan. Faktor motivasi yang rendah. Faktor yang berhubungan dengan kondisi psikososial yaitu kondisi keluarga, orangtua yang terlalu meremehkan, orangtua kurang memberikan perhatian, seringnya ayah memberi sanksi kepada HT dan orangtua yang sering mengkritik. Sekolah juga menjadi penyebab dikarenakan kondisi kelas yang kurang nyaman dan berisik serta adanya pengaruh negatif dari teman. Kata kunci: bimbingan dan konseling, faktor penyebab, underachiever %C Universitas Lampung %D 2014 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints7213