creators_name: Ririn Noviyanti, 1013024057 creators_id: ririn_biology@yahoo.co.id type: other datestamp: 2015-02-23 03:02:12 lastmod: 2015-02-23 03:02:12 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP BERPIKIR KRITIS PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Kuasi Eksperimental Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 02 Sekampung Udik Tahun Pelajaran 2013/2014) ispublished: pub subjects: L1 subjects: QR full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK Keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung pada bagaimana proses pembelajaran berlangsung secara efektif. Pembelajaran efektif dapat tercipta bila siswa dapat secara kritis menanggapi hal-hal yang dikemukakan atau dipertanyakan oleh guru, sehingga mereka dapat menemukan hakikat aktivitas yang mereka lakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan pendekatan Keterampilan Proses Sains terhadap berikir kritis siswa pada materi pokok Ekosistem. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu data kemapuan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis menggunakan uji-t dengan program SPSS 17 pada taraf kepercayaan 5%, sedangkan data kualitatif berupa keterampilan proses sains siswa yang diperoleh dengan menggunakan Lembar observasi KPS dan dianalisis secara deskriptif. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII C dengan jumlah 31 orang dan VII D dengan jumlah 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (eksperimen = 30,04; kontrol = 29,38). Rata-rata persentase KPS siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (eksperimen = 71,50; kontrol = 70,68). Sebagian besar siswa sebanyak 77% memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk meningkatan kemapuan berpikir kritisnya. Berdasarkan hasil penelitian yang diuraikan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan KPS efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Keterampilan Proses Sains, Berpikir Kritis, dan Ekosistem date: 2015-02-11 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung institution: UNIVERSITAS LAMPUNG department: FKIP thesis_type: other citation: Ririn Noviyanti, 1013024057 (2015) PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP BERPIKIR KRITIS PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Kuasi Eksperimental Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 02 Sekampung Udik Tahun Pelajaran 2013/2014). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/7222/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7222/3/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7222/4/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7222/5/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7222/6/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7222/7/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7222/8/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7222/9/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7222/10/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7222/11/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7222/12/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7222/13/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7222/14/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7222/15/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7222/16/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7222/18/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7222/17/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7222/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf