creators_name: Rizky Putri Marsyarita, 0913024065 creators_id: rizky_put@yahoo.com type: other datestamp: 2015-02-23 07:37:34 lastmod: 2015-02-23 07:37:34 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENERAPAN MEDIA GAMBAR DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Ketapang, Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014) ispublished: pub subjects: LB subjects: QH301 full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, diketahui rendahnya rata-rata hasil belajar tersebut mungkin disebabkan karena selama ini metode yang digunakan oleh guru kurang sesuai dengan karakteristik materi yang diajarkan, Guru di sekolah ini menggunakan metode diskusi. Diskusi yang dilakukan bersifat teoritis atau terlalu mendasar pada materi di buku penunjang, sehingga proses pembelajaran yang dilakukan kurang terstruktur sehingga kurang menarik perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media gambar dan model pembelajaran PBL terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIA yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. iii Data penelitian ini berupa data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji Mann-Whitney U menggunakan bantuan program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata nilai pretes 72,78, nilai postes 84,03 dan N-Gain 41,25. Serta rata2 indikator kognitif C1 20,76; C2 23,44; dan C4 36,36. Dengan demikian penggunaan media gambar dan model pembelajaran PBL berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : media gambar, model pembelajaran PBL, hasil belajar, dan pencemaran lingkungan date: 2015-02-11 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung institution: UNIVERSITAS LAMPUNG department: FKIP thesis_type: other citation: Rizky Putri Marsyarita, 0913024065 (2015) PENGARUH PENERAPAN MEDIA GAMBAR DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Ketapang, Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/7223/117/COVER%20LUAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7223/116/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7223/2/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7223/4/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7223/5/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7223/6/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7223/7/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7223/8/PERSEMBAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7223/9/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7223/10/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7223/11/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7223/12/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7223/13/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7223/14/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7223/15/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7223/16/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7223/118/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7223/119/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7223/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf