TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints72239 UR - http://digilib.unila.ac.id/72239/ A1 - Murni , Sari Dewi Y1 - 2023/05/22/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan melihat bagaimana pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap aktivitas belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran PPKn di SMPN 1 Banjar Margo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperiment dengan pendekatan kuantitatif. Responden yang terlibat adalah peserta didik kelas VII SMPN 1 Banjar Margo kelas VII.1 dan VII.2 yang berjumlah 64 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang utama adalah dengan menggunakan angket tertutup, sedangkan teknik pendukungnya adalah observasi. Serta teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dengan bantuan Microsoft Excell dan SPSS v25. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan mengenai Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMPN 1 Banjar Margo, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap aktivitas belajar dengan persentase 49,3%. Peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih aktif dalam pembelajaran serta peserta didik lebih antusias dalam berinteraksi baik dengan guru maupun dengan peserta didik lainnya. Kata Kunci: Discovery Learning, Aktivitas, Pembelajaran PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMPN 1 BANJAR MARGO AV - restricted ER -