TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints72243 UR - http://digilib.unila.ac.id/72243/ A1 - SASA , OKTAVIANA DEWI Y1 - 2023/02/28/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem based learning berbantuan PhET simulation pada pembelajaran elastisitas dan hukum Hooke terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 13 Bandar Lampung. Pemilihan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah Non-Equivalent Control Group Design. Analisis data diuji menggunakan analisis N-Gain, Uji Independent Sample T-Test, dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,72 dengan kategori tinggi.Berdasarkan hasil dari uji independent sample T-Test, nilai Asymp. Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,00, maka dapat dinyatakan terdapat perbedaan nilai rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji effect size diperoleh nilai Cohen?s d sebesar 1,62 dengan kategori tinggi. Hal ini menujukkan pengaruh yang siginifikan pada penggunaan model problem based learning berbantuan PhET Simulation pada pembelajaran elastisitas dan hukum Hooke terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: PhET Simulation, Problem Based Learning, Hukum Hooke Kemampuan Berpikir Kritis. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN PhET SIMULATION PADA PEMBELAJARAN ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK AV - restricted ER -