%0 Thesis %9 Masters %A Ari, Lestari %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2023 %F eprints:72254 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI DRAMA DENGAN PERANGKAT LUNAK FILMORA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP %U http://digilib.unila.ac.id/72254/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk video pembelajaran drama dengan perangkat lunak Filmora, mendeskripsikan kelayakannya, dan mendeskripsikan efektivitas video pembelajaran drama dengan perangkat lunak Filmora. Penelitian ini mengadaptasi tujuh dari sepuluh langkah penelitian pengembangan Borg dan Gall. Instrumen penelitian menggunakan skala likert dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berhasil dikembangkan video pembelajaran drama dengan perangkat lunak Filmora di Kelas VIII SMP yang telah divalidasi. (2) Kelayakan video pembelajaran pada uji coba skala luas meliputi tiga aspek yaitu aspek kemenarikan, kemudahan penggunaan, dan kemanfaatan diperoleh nilai kelayakan sebesar 81.40 dengan kriteria “sangat layak”. (3) Berdasarkan uji coba video pembelajaran drama dengan perangkat lunak Filmora yang telah dilaksanakan pada Kelas VIII 2 SMPN 1 Ambarawa, VIII 1 MTs Yasmida Ambarawa, dan VIII 1 SMPN 26 Pesawaran, didapatkan hasil N-Gain sebesar 0,517. Hasil tersebut menunjukkan bahwa efektivitas produk video pembelajaran drama dengan perangkat lunak Filmora untuk Kelas VIII SMP dalam uji ini termasuk ke dalam kategori sedang. Kata kunci: video pembelajaran, drama, Filmora, efektivitas. This study aims to produce a drama learning video product with Filmora software, describe its feasibility, and describe the effectiveness of drama learning video using Filmora software. This study adapts seven of the ten steps of Borg and Gall's development research. The research instrument used a Likert scale and a questionnaire. The results showed that (1) a drama learning video was successfully developed using the Filmora software in Class VIII of SMP which had been validated. (2) The feasibility of learning videos on a wide-scale trial includes three aspects, namely aspects of attractiveness, ease of use, and usefulness, a feasibility value of 81.40 is obtained with the "very feasible" criteria. (3) Based on the trial of drama learning videos using Filmora software that was carried out in Class VIII 2 SMPN 1 Ambarawa, VIII 1 MTs Yasmida Ambarawa, and VIII 1 SMPN 26 Pesawaran, the N-Gain result was 0.517. These results indicate that the effectiveness of the drama learning video product with Filmora software for Class VIII SMP in this test is in the medium category. Keywords: learning video, drama, Filmora, effectiveness