%A Joy Sitohang Irvan Ery %T PERENCANAAN BISNIS KOPI ROBUSTA WINE MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) %X Wine coffee merupakan kopi fermentasi yang dijemur utuh dan setelah cukup waktu baru dikupas. Aroma kopi yang dihasilkan dari proses fermentasi menyebabkan namanya menjadi Wine coffee karena hampir mirip dengan minuman wine anggur pada umumnya. Wine coffee masih tergolong produk yang berkembang khususnya di Lampung sendiri. Oleh sebab itu, penelitian ini dirancang untuk membuat suatu rancangan bisnis pada produk Wine coffee supaya nantinya seseorang yang akan memulai bisnis memiliki informasi rancangan usaha yang baik. Metode yang digunakan yaitu analisis Business Model Canvas (BMC) yang berdasarkan data-data hasil wawancara terbuka terhadap para ahli, serta observasi dan tinjuan pustaka terhadap artikel atau situs internet yang dapat mendukung proses penelitian. BMC dianalisis berdasarkan sembilan elemen yang dipetakan dalam block bangunan BMC. Hasil penelitian dengan analisis sembilan elemen BMC menunjukkan Costumer segmen yang dituju mulai dari remaja hingga dewasa dengan pendapatan menengah ke atas. Value proposition yang ditawarkan yaitu wine kopi merupakan hasil olahan kopi yang unik dengan cita rasa asam, manis dan segar, aman dikonsumsi karena tidak mengandung alkohol sama sekali. Channel yang digunakan yaitu media online serta reseller Coffeeshop. Customer relationship dibangun dengan mengikuti bazar dan pembuatan website. Key resources yang harus dimiliki yaitu sumber daya manusia, fisik, finansial. Key partner yang bekerjasa yaitu penyedia bahan baku, reseller, jasa pengiriman dan lembaga perizinan. Key activities dimulai pengadaan bahan baku, proses produksi, pemasaran. Cost structure berupa biaya tetap dan biaya variabel. Kata kunci : Model Bisnis, Business Model Canvas, Wine Coffee Robusta. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %I FAKULTAS PERTANIAN %L eprints72314