TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints72339 UR - http://digilib.unila.ac.id/72339/ A1 - NADIA , CAHYARANI HARGIANTO Y1 - 2023/06/07/ N2 - Berdasarkan PP RI No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menyatakan bahwa setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana salah satunya media pendidikan yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran, oleh karena itu ketersediaan media pembelajaran sangat dibutuhkan, tindak lanjut dari adanya ketersediaan media pembelejaran tentunya guru diharapkan mampu memanfaatkan media pembelajaran untuk menunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara guru dan siswa tentang ketersediaan dan pemanfaatan media pembelajaran geografi SMA Negeri di Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru dan siswa SMA Negeri di Kota Bandar Lampung. Jumlah sampel guru dan siswa ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dalam hal ini jumlah guru 3 orang per sekolah dan siswa 3 orang per sekolah, sehingga jumlah keseluruhan sampel siswa 51 dan guru 44 orang karena ada sekolah yang memiliki guru kurang dari 3. Pengambilan data yang digunakan yaitu metode angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji Chi Square. Hasil penelitian didapatkan bahwa 7 dari 9 media yaitu peta, atlas, globe, gambar, grafik/chart, slide, dan film/video menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara guru dan siswa tentang tentang ketersediaan dan pemanfaatan media pembelajaran geografi SMA Negeri di Kota Bandar Lampung. Sedangkan 2 diantara 9 media yaitu media realia dan handout menurut guru dan siswa tidak terdapat perbedaan tentang ketersediaan dan pemanfaatan media pembelajaran geografi SMA Negeri di Kota Bandar Lampung. Kata Kunci: Media Pembelajaran Geografi, Ketersediaan, Pemanfaatan. Based on PP RI No. 19 of 2005 concerning National Education Standards states that every educational unit is required to have facilities, one of which is educational media needed to support the learning process. support the learning process. The purpose of this study was to find out whether there were differences between teachers and students regarding the availability and use of geography learning media at SMA Negeri in Bandar Lampung. This research is a descriptive research with a quantitative approach. The population in this study were all teachers and students of SMA Negeri in Bandar Lampung City. The number of sample teachers and students was determined using a purposive sampling technique, in this case the number of teachers was 3 people per school and 3 students per school, so that the total sample size was 51 students and 44 teachers because there were schools with less than 3 teachers. Data collection The methods used are questionnaires, observation, and documentation. The analysis technique used is the Chi Square Test. The results showed that 7 out of 9 media, namely maps, atlases, globes, pictures, graphs/charts, slides, and films/videos, showed that there were differences between teachers and students regarding the availability and use of geography learning media at SMA Negeri in Bandar Lampung City. While 2 out of 9 media, namely realia media and handouts according to teachers and students, there is no difference regarding the availability and use of geography learning media in Public Senior High Schools in Bandar Lampung City. Keywords: Geography Learning Media, Availability, Utilization PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - KETERSEDIAAN DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMAN DI KOTA BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -