%0 Generic %A RAHAYU , SETIA RESMI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:72358 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PKN PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI GUGUS DOKTER WAHIDIN SUDIRO HUSODO %U http://digilib.unila.ac.id/72358/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKN peserta didik SD Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan pendidikan karakter dan motivasi belajar dengan hasil belajar. Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 94 orang dan seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes yang terdiri dari observasi, kuesioner, studi dokumentasi dan gabungan ketiganya. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan karakter dan motivasi belajar dengan hasil belajar PKn peserta didik kelas IV yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,776 dengan kriteria kuat. Pendidikan karakter dan motivasi belajar sangat berdampak pada hasil belajar PKn. Pendidikan karakter dapat membentuk karakter peserta didik menjadi pribadi yang bermoral. Motivasi belajar yang tinggi akan berdampak pada hasil belajar yang akan diperoleh. Kata kunci: pendidikan karakter, motivasi belajar, hasil belajar PKn The problem in this study was the low grade IV elementary school yield of Civics learning outcomes of the Wahidin SudiroHusodo Metro Barat group of doctors. This study aims to determine the positive and significant relationship between character education and learning motivation with learning outcomes.This type of research is ex-postfacto correlation.The population is 94 educators and the entire population is used as the research sample. The instrument for data collection is a questionnaire with a Likert scale, which was previously tested for validity and reliability. Data analysis using product moment correlation and multiple correlation. The results showed that there is a positive and significant relationship between character education and learning motivation with learning outcomes. indicated by a correlation coefficient of 0.776 at the level of "strong". Character education and learning motivation greatly impact PKn learning outcomes. Character education can shape the character of students to become moral individuals. High learning motivation will have an impact on the learning outcomes to be obtained Keywords: character education, motivation learning, pkn learning outcomes,