%0 Generic %9 Other %A Dian Yustie Anggraeni, 0713024023 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:7244 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGGUNAAN TEKNIK PENCATATAN PEMETAAN KONSEP TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI POKOK ORGANISASI KEHIDUPAN OLEH SISWA KELAS VII SMPN 10 BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/7244/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik pencatatan pemetaan konsep terhadap peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa pada materi pokok Organisasi Kehidupan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas VII E dan kelas VII F SMP Negeri 10 Bandar Lampung yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian adalah pretest-posttest equivalen. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik dengan uji t pada taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa yang meliputi aktivitas mengajukan pertanyaan, membaca buku yang relevan, memberikan ide/pendapat, bertukar informasi dan bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok dengan menggunakan teknik pencatatan pemetaan konsep lebih tinggi yaitu 76,87% dengan kriteria aktivitas tinggi dibandingkan tanpa menggunakan teknik pencatatan pemetaan konsep. Penguasaan konsep oleh siswa juga mengalami peningkatan rata-rata antara nilai pretes dan postes yang diukur dengan N-gain, pada kelas eksperimen yaitu sebesar 72,44 lebih tinggi dibandingkan dengan N- gain kelas kontrol yaitu 63,47. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan teknik pencatatan pemetaan konsep berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar dan signifikan terhadap penguasaan konsep oleh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Bandar Lampung pada materi pokok Organisasi Kehidupan. Kata kunci: pemetaan konsep, aktivitas belajar, penguasaan konsep dan organisasi kehidupan