@misc{eprints72443, month = {Juni}, title = {PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023)}, author = {WINDI PUSPITA SARI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/72443/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan video animasi pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 22 Bandar Lampung sebanyak 319 siswa yang terdistribusi dalam sepuluh kelas yaitu VII.1 sampai VII.10 secara heterogen. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh siswa kelas VII.3 sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII.4 sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan adalah desain penelitian pretestposttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dengan diketahui bahwa rata-rata gain skor kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model problem based learning berbantuan video animasi pembelajaran lebih tinggi daripada ratarata gain skor kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model problem based learning tanpa berbantuan video animasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berbantuan video animasi pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: komunikasi matematis, problem based learning, video animasi pembelajaran } }