TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints72483 UR - http://digilib.unila.ac.id/72483/ A1 - INTAN , PANDINI Y1 - 2023/06/13/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis representasi kimia pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit, mendeskripsikan karakteristik modul berbasis representasi kimia pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit, mendeskripsikan tanggapan guru dan siswa terhadap modul berbasis representasi kimia pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Instrumen yang digunakan adalah instrumen validasi kesesuaian isi, keterbacaan, konstruksi, dan kemenarikan berupa lembar angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil validasi ahli pada apek kesesuaian isi dengan kurikulum memiliki rata-rata persentase 76,66% dengan kriteria tinggi, aspek konstruksi 88,75% dengan kriteria sangat tinggi, aspek keterbacaan 79,73%, dan aspek kemenarikan 79,16%, dengan kriteria tinggi. Hasil tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi dengan kurikulum memiliki rata-rata persentase 82,49%, konstruksi 87,27%, keterbacaan 83,19%, dan kemenarikan 84,16% dengan kriteria sangat tinggi. Hasil tanggapan siswa pada aspek keterbacaan 88,91%, dan kemenarikan 88,66% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hal tersebut, maka modul berbasis representasi kimia pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah. Kata kunci : modul, larutan elektrolit dan non elektrolit, representasi kimia PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT AV - restricted ER -