%0 Generic %A NOVITA , SARI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:72485 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ARAH PERGESERAN KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN PENERAPAN LKPD BERBASIS REPRESENTASI KIMIA %U http://digilib.unila.ac.id/72485/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains peserta didik pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi arah pergeseran kesetimbangan kimia dengan penerapan LKPD berbasis representasi kimia untuk siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah. Desain penelitian yang digunakan adalah The one shot case study. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 6 SMAN 14 Bandar Lampung dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan proses sains mengamati pada kelompok tinggi adalah 83,33% berkategori sangat baik dan 16,67% berkategori baik; kelompok sedang adalah 53,58% berkategori sangat baik dan 46,15% berkategori baik; kelompok rendah adalah 54,55% berkategori sangat baik dan 45,45% berkategori baik. Keterampilan proses sains memprediksi pada kelompok tinggi adalah 50% berkategori sangat baik dan 50% berkategori baik; kelompok sedang adalah 38,46% berkategori sangat baik dan 61,54% berkategori baik; kelompok rendah adalah 27,27% berkategori sangat baik dan 72,73% berkategori baik. Keterampilan proses sains menarik kesimpulan pada kelompok tinggi adalah 83,33% berkategori sangat baik dan 16,67% berkategori baik; kelompok sedang adalah 76,92% berkategori sangat baik dan 23,08% berkategori baik; kelompok rendah adalah 72,73% berkategori sangat baik dan 27,27% berkategori baik. Kata kunci : keterampilan proses sains, LKPD, representasi kimia.