%0 Generic %A YOGI , RESTU ARINDA %D 2023 %F eprints:72488 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %T STRATEGI PENGEMBANGAN JASA SEWA TARUB MELALUI PROMOSI PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) RAGAM MAKMUR PEKON SUKOREJO KECAMATAN PARDASUKA KABUPATEN PRINGSEWU LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/72488/ %X Laporan akhir ini adalah hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan jasa sewa tarub melalui promosi yang dilakukan BUMDes Ragam Makmur Desa Sukorejo Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu Lampung. Promosi merupakan segala macam bentuk komunikasi persuasi yang dirancang untuk menginformasikan pelanggan tentang produk atau jasa dan untuk memengaruhi mereka agar membeli barang atau jasa tersebut yang mencakup advertising, publicity, personal seling dan sales promotion.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh melalui wawancara dan pengamatan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh BUMDes Ragam Makmur Desa Sukorejo Kecamatan Pardasuka belum terealisasi dengan baik sehingga penulis memberikan saran agar BUMDes Ragam Makmur Desa Sukorejo Kecamatan Pardasuka harus melakukan strategi pengembangan jasa sewa tarub dengan cara menerapkan bauran promosi dengan baik dan benar. Kata kunci : Strategi, Pengembangan, Promosi, BUMDes.