%A ANJARSARI CERLI %T PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA ANTARA PRAKTIKUM HANDS ON DAN VIRTUAL LABORATORIUM BERBASIS PHET SIMULATION DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan praktikum Hands On dengan virtual laboratorium berbasis PhET Simulation materi optik geometri ditinjau dari gaya belajar, hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Belalau Kabupaten Lampung Barat, dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA, sampel kelas XI IPA 2 sebanyak 26 siswa dan kelas XI IPA 3 sebanyak 27 siswa. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain penelitian yaitu factorial desain. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji N-Gain dan uji Two Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains setelah penerapan praktikum hands on dan laboratorium virtual berbasis PhET Simulation pada materi optik geometri ditinjau dari gaya belajar siswa. Kata kunci : Praktikum Hands On, Laboratorium Virtual, Gaya Belajar, Hasil Belajar Kognitif, Keterampilan Proses Sains %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints72491