creators_name: Yudi Purniawan, 0743022059 creators_id: yudi.purniawan100@yahoo.com type: other datestamp: 2015-02-23 03:57:02 lastmod: 2015-02-23 03:57:02 metadata_visibility: show title: PERBANDINGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (Group Investigation) DAN STAD (Student Teams Achievement Divisions) DENGAN METODE EKSPERIMEN ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan rata-rata KPS siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe GI dan STAD dengan metode eksperimen. (2) Mengetahui rata-rata KPS siswa yang lebih baik melalui model pembelajaran kooperatif tipe GI dan STAD dengan metode eksperimen. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan tipe Conterbalanced Design. Pengumpulan data KPS dilakukan menggunakan lembar observasi KPS. Aspek aspek KPS yang dinilai meliputi: Mengamati, Berhipotesis, Merencanakan Percobaan, Menginterpretasikan Data, Menerapkan Konsep, dan Berkomunikasi. Teknik analsis data KPS menggunakan data nilai hasil observasi KPS dengan pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sampel T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan rata-rata KPS siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe GI dan STAD dengan metode eksperimen. (2) Rata-rata KPS siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode eksperimen. Nilai rata-rata KPS siswa pada kelas X3 menggunakan GI (74,07%) lebih tinggi dibandingkan kelas X4 yang menggunakan STAD (68,38%) dengan metode eksperimen. Sedangkan pada kelas X3 menggunakan STAD (69,57%) lebih kecil dibandingkan kelas X4 yang menggunakan GI (73,66%) dengan metode eksperimen. date: 2014-12-22 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung institution: Universitas Lampung department: KIP thesis_type: other citation: Yudi Purniawan, 0743022059 (2014) PERBANDINGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (Group Investigation) DAN STAD (Student Teams Achievement Divisions) DENGAN METODE EKSPERIMEN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/7255/1/2.%20Abstrak.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7255/2/3.%20Kover%20Dalam.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7255/3/4.%20Halaman%20Persetujuan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7255/4/5.%20Halaman%20Pengesahkan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7255/5/6.%20Pernyataan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7255/6/7.%20Riwayat%20Hidup.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7255/7/8.%20Persembahan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7255/8/9.%20Motto.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7255/9/10.%20Sanwacana.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7255/10/11.%20Daftar%20Isi.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7255/11/12.%20BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7255/12/13.%20BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7255/13/14.%20BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7255/14/15.%20BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7255/15/16.%20BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7255/16/17.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf