@misc{eprints72571, month = {Mei}, title = {PROSEDUR PENANGANAN JASA RECEIVING/DELIVERY CONTAINER DI PT IPC TERMINAL PETIKEMAS AREA PANJANG }, author = {SILVI ANGGREINI}, publisher = {FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/72571/}, abstract = { PT IPC Terminal Petikemas Area Panjang merupakan salah satu perusahaan BUMN yaitu anak perusahaan dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang bergerak di bidang pelayanan jasa kepelabuhan. Jasa yang disediakan terdiri atas kegiatan stevedoring, haulage, jasa penumpukan, receiving/delivery, dan jasa petikemas lainnya. Standar Operasional yang dimiliki perusahan juga sudah baik, hal ini didukung dengan bertambahnya pengguna jasa dari tahun ke tahun. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa hal ini juga akan menimbulkan risiko yang besar. Salah satu risiko yang dihadapi yaitu kesalahan pada saat peletakan container pada saat proses receiving/delivery.oleh sebab itu, tujuan dari penulisan ini untuk mengetahui Prosedur Penanganan Jasa Receiving/Delivery Container di PT IPC Terminal Petikemas Area Panjang. Penulisan ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil yang diperoleh Penulis, dapat disimpulkan bahwa penanganan jasa receiving/delivery yang dijalankan sudah sangat baik, hal ini dapat dilihat pada saat menerima dokumen dilakukan cek manual agar tidak terjadi kesalahan. Selain itu prosedur penanganan jasa receiving/delivery juga sudah terkendali dengan baik dengan menggunakan sistem terkomputerisasi. Kata Kunci : Receiving, Prosedur, Kepelabuhan, Delivery, Jasa. } }