creators_name: Muhamad Riyan, Saputra creators_id: 1914131075 type: other datestamp: 2023-06-20 08:43:24 lastmod: 2023-06-20 08:43:24 metadata_visibility: show title: VALUASI EKONOMI DAN PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP WISATA PANTAI M BEACH DI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN PROVINSI LAMPUNG ispublished: pub subjects: 000 subjects: 001 full_text_status: restricted abstract: This research aimed to analyze the tourist travel costs, the factors that influence the frequency of tourist visits, the economic value of tourism, and the tourists' perceptions of M Beach. This research used a survey with a sample of 50 tourists from M Beach was selected using the accidental sampling method. The travel cost method is used to analyze the economic value, and the descriptive method with a Likert scale measuring instrument is used to analyze tourist perceptions. The determination of location was carried out purposively with the consideration that M Beach has been the best-selling tourist attraction in South Lampung Regency for the last five years. The data was collected in January 2023. The results showed the average travel costs incurred by M Beach tourists were Rp146.265,24 per individual per visit, with the highest allocation of travel costs viz consumption costs of 38,43 percent. The factors that influence tourists’ visits to M Beach are travel costs, distance, income, age, beach conditions, and public facilities. The total economic value of M Beach tourism is Rp10.474.348.786 per year. Tourists’ perception of M Beach in terms of 4A components (attraction, amenity, accessibility, and ancillary) has a positive perception with good criteria. Keywords: beach, economic value, perception, travel cost Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis biaya perjalanan wisatawan, analisis faktor-faktor-yang mempengaruhi frekuensi kunjungan wisatawan, analisis nilai ekonomi wisata dan persepsi wisatawan terhadap wisata Pantai M Beach. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan sampel sebanyak 50 orang wisatawan yang dipilih dengan menggunakan metode accidental sampling. Travel Cost Method digunakan untuk menganalisis nilai ekonomi dan metode deskriptif dengan alat ukur skala likert digunakan untuk menganalisis persepsi wisatawan. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa Pantai M Beach merupakan tempat wisata terlaris di Kabupaten Lampung Selatan selama lima tahun terakhir. Pengambilan data dilaksanakan pada Januari 2023. Hasil penelitian menunjukan bahwa biaya perjalanan yang dikeluarkan wisatawan Pantai M Beach rata-rata sebesar Rp146.265,24 per individu per kunjungan dengan alokasi biaya perjalanan tertinggi yaitu biaya konsumsi sebesar 38,43 persen. Faktor yang mempengaruhi kunjungan wisatawan Pantai M Beach adalah biaya perjalanan, jarak, pendapatan, umur, kondisi pantai, dan fasilitas umum. Total nilai ekonomi wisata Pantai M Beach yaitu sebesar Rp10.474.348.786 per tahun. Persepsi wisatawan terhadap wisata Pantai M Beach ditinjau dari komponen 4 A (attraction, amenity, accessibility, dan ancillary) termasuk dalam persepsi positif dengan kriteria baik. Kata kunci: biaya perjalanan, nilai ekonomi, pantai, persepsi date: 2023-06-06 date_type: published publisher: FAKULTAS PERTANIAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 1914131075 citation: Muhamad Riyan, Saputra (2023) VALUASI EKONOMI DAN PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP WISATA PANTAI M BEACH DI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN PROVINSI LAMPUNG. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/72595/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/72595/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/72595/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf