%A Nuriza Bukhari Bukhari %T PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI DENGAN METODE DEMONTRASI PADA SISWA KELAS IV SD N 2 BERINGIN RAYA BANDAR LAMPUNG %X Sekolah Dasar Negeri 2 Beringin Raya adalah salah satu sekolah yang dibangun untuk membantu mencerdaskan kehidupan bangsa, di wilayah perumahan Beringin Raya. Seiring perkembangan jaman jumlah penduduk wilayah ini mengalami peningkatan yang sangat pesat. Dengan bertambahnya penduduk berarti bertambah pula anak usia sekolah, hal ini dapat dilihat dari jumlah peminat anak yang akan masuk sekolah dari tahun ke tahun meningkat. Untuk mengimbanginya pemerintah membangun fasilitas sekolah dan menyediakan tenaga pendidik yang berkualitas, yang tujuannya untuk membantu Negara dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu guru yang ditugaskan di Sekolah Dasar Negeri 2 Beringin Raya diharapkan mampu menjadi tenaga pendidik yang handal, dan diharapkan mampu menjadikan anak didiknya menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas, dan salah satunya dengan meningkatkan prestasi belajar matematika. Guru diberikan kebebasan dalam proses kegiatan belajar mengajar untuk berinovasi mencari metode-metode pembelajaran yang sesuai dengan karakter anak didiknya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah bagaimana cara meningkatkan hasil belajar IPA materi energi pada siswa kelas IV, melalui pembelajaran demonstrasi di Sekolah Dasar Negeri 2 Beringin Raya Bandar Lampung. Hipotesis dalam penelitian tindakan kelas ini adalah adanya peningkatan prestasi belajar IPA siswa kelas IV, setelah penulis menggunakan model pembelajaran demonstrasi. Adanya peningkatan minat belajar dan aktivitas belajar siswa kelas IV untuk belajar matematika setelah penulis menggunakan model pembelajaran demonstrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode deskriptif, adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis data dan jumlah sampel yang diambil adalah 40 siswa, yang diambil dari seluruh populasi kelas IV. Hasil yang diperoleh dari pengujian hipotesis bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas IV, setelah diterapkan model pembelajaran demonstrasi meningkat 85% hal ini dapat dilihat dari hasil tes siswa kelas IV, nilai yang telah tercapai atau dikatagorikan tercapai sesuai dengan standar kriteria ketuntasan mengajar sebanyak 34 siswa, dan yang belum tercapai 15% siswa atau sekitar 6 siswa. Kesimpulan dari hasil penelitian tindakan kelas ini adalah, adanya kontribusi penggunaan model pembelajaran demonstrasi terhadap prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 2 Beringin Raya Kecamatan Kemiling Bandar Lampung. Penggunaan model pembelajaran demonstrasi sangat ideal digunakan untuk siswa kelas IV, yang masih sangat aktif dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. %C Universitas Lampung %D 2011 %I Fakultas KIP %L eprints726