?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PENGGUNAAN+MODEL+PEMBELAJARAN+TEAMS+GAMES+TOURNAMENT+(TGT)+DENGAN+MEDIA+PEMBELAJARAN+ULAR+TANGGA+TERHADAP+PENINGKATAN+HASIL+BELAJAR+BIOLOGI+MATERI+POKOK+ORGANISASI+KEHIDUPAN+(Studi+Eksperimen+Pada+Siswa+Kelas+VII+Semester+Genap+SMP+Negeri+1+Way+Krui+Tahun+Pelajaran+2013%2F2014)&rft.creator=FEBRI%2C+1013024008&rft.subject=+&rft.description=ABSTRAK%0D%0A%0D%0AHasil+observasi+dan+wawancara+dengan+guru+biologi+yang+mengajar+di+kelas+VII+SMP+Negeri+1Way+Krui%2C+diketahui+bahwa+rata-rata+hasil+belajar+biologi+siswa+di+bawah+kriteria+ketuntasan+minimal.++Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+apakah+model+pembelajaran+TGT+dengan+media+ular+tangga+dapat+meningkatkan+hasil+belajar+biologi+siswa+dalam+materi+pokok+organisasi+kehidupan.+%0D%0A%0D%0ADesain+penelitian+ini+adalah+pretes-postes+tak+ekuivalen.++Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+VII+SMP+Negeri+1+Way+Krui+Tahun+Pelajaran+2013%2F2014.+Sam%C2%AC%C2%ACpel+penelitian+adalah+siswa+kelas+VII.A+dan+VII.B+yang+dipilih+dengan+tek%C2%ACnik+purposive+sampling.++Data+penelitian+ini+berupa+data+kuantitatif+dan+kualitatif.++Data+kuantitatif+diperoleh+dari+rata-rata+nilai+pretes+dan+postes%2C+serta+N-gain+yang+dianalisis+dengan+uji-t+dan+uji-u.++Data+kualitatif+berupa+data+aktivitas+belajar+siswa+dan+angket+tanggapan+siswa+terhadap+model+TGT+dengan+media+ular+tangga+dianalisis+secara+deskriptif+menggunakan+indeks+aktivitas+siswa.%0D%0A%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+rata-rata+hasil+belajar+siswa+kelas+eksperimen+adalah+66%2C14+lebih+tinggi+dibandingkan+dengan+kelas+kontrol+yaitu+59%2C77.+Selain+itu%2C+rata-rata+persentase+aktivitas+belajar+siswa+berkriteria+tinggi%2C+dengan+persentase+peningkatan+aktivitas+siswa+pada+aspek+mendengarkan+pendapat+93%2C94+%2C+mengajukan+pertanyaan+58%2C33%2C+bertukar+informasi+75%2C76%2C+bekerja+sama+dalam+kelompok+75%2C76%2C+dan+membuat+kesimpulan+87%2C12.+Pada+peningkatan+rata-rata+indikator+C1+untuk+kelas+eksperimen+adalah+40%2C15%2C+kelas+kontrol+16%2C67.+Peningkatan+rata-rata+indikator+C2+untuk+kelas+eksperimen+adalah+28%2C56%2C+kelas+kontrol+22%2C22.+Peningkatan+rata-rata+indikator+C3+untuk+kelas+eksperimen+adalah+43%2C94%2C+kelas+kontrol+31%2C82.++Hasil+angket+diketahui+bahwa+penerapan+model+pembelajaran+TGT+dengan+media+ular+tangga+pun+mendapat+tanggapan+yang+positif+dari+siswa.+Sehingga+disimpulkan+bahwa+pembelajaran+menggunakan+model+TGT+dengan+media+ular+tangga+berpengaruh+dalam+meningkatkan+hasil+belajar+siswa.%0D%0A%0D%0AKata+kunci+%3A++Model+TGT+dengan+media+ular+tangga%2Chasil+belajar+siswa.%0D%0A&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2015-02-11&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7262%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7262%2F2%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7262%2F3%2FCOVER%2520LUAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7262%2F4%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7262%2F5%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7262%2F6%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7262%2F7%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7262%2F8%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7262%2F9%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7262%2F10%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7262%2F11%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7262%2F12%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7262%2F13%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7262%2F14%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7262%2F15%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7262%2F16%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7262%2F17%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7262%2F18%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7262%2F19%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++FEBRI%2C+1013024008++(2015)+PENGARUH+PENGGUNAAN+MODEL+PEMBELAJARAN+TEAMS+GAMES+TOURNAMENT+(TGT)+DENGAN+MEDIA+PEMBELAJARAN+ULAR+TANGGA+TERHADAP+PENINGKATAN+HASIL+BELAJAR+BIOLOGI+MATERI+POKOK+ORGANISASI+KEHIDUPAN+(Studi+Eksperimen+Pada+Siswa+Kelas+VII+Semester+Genap+SMP+Negeri+1+Way+Krui+Tahun+Pelajaran+2013%2F2014).++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7262%2F