TY - THES ID - eprints72623 UR - http://digilib.unila.ac.id/72623/ A1 - HUSNA PRATIWI , VISVIDYA Y1 - 2023/05/22/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Evaluasi Program Satuan Pendidikan Ramah Anak (SRA) dalam Membangun Karakter Peserta Didik di MTs Negeri 2 Pesawaran dengan menggunakan model evaluasi CIPP (context, input, process, product). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan rancangan penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen yang saling terkait satu sama lain, ini biasa disebut dengan triangulasi data. Teknik analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pada dimensi context, penerapan program SRA dalam membangun karakter peserta didik didukung oleh keadaan lingkungan yang memadai, kesamaan visi madrasah dengan tujuan penerapan program SRA, dan terpenuhinya kebutuhan masyarakat dengan penerapan program SRA. 2) Pada dimensi input, penerapan program SRA dalam membangun karakter peserta didik didukung oleh sumber daya manusia dan ketersediaan sarana prasarana yang memenuhi pedoman SRA. 3) Pada dimensi process, penerapan program SRA dalam membangun karakter peserta didik didukung oleh kegiatan intrakulikuler yang ramah anak, kegiatan ekstrakulikuler yang ramah anak, dan pembiasaan budaya madrasah. 4) Pada dimensi product, penerapan program SRA menunjang pembentukan karakter peserta didik, yaitu karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Selain itu, penerapan program SRA mampu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan peserta didik. Kata kunci: evaluasi CIPP, karakter, satuan pendidikan ramah anak (SRA) ABSTRACT EVALUATION OF CHILD-FRIENDLY SCHOOL (CFS) POGRAM IN BUILDING STUDENT CHARACTER AT MTs NEGERI 2 PESAWARAN By Visvidya Husna Pratiwi This study aims to describe the Evaluation of the Child-Friendly School (CFS) Program in Building Student Character at MTs Negeri 2 Pesawaran using the CIPP evaluation model (context, input, process, product). This is a qualitative research with phenomenology as a research design. Data collection techniques using interviews, observation, and document study which are related to each other, this is commonly referred to as data triangulation. Data analysis techniques through the stages of data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the research show that: 1) On dimensions context, the application of the CFS program in building students character is supported by adequate environmental conditions, the similarity of the vision of madrasah with the objectives of implementing the CFS program, and the fulfillment of community needs by implementing the CFS program. 2) On dimensions input, the application of the CFS program in building students character is supported by human resources and the availability of infrastructure that meets CFS guidelines. 3) On dimensions process, the implementation of CFS program in building students character is supported by child-friendly intracurricular activities, child-friendly extra-curricular activities, and the habituation of madrasah culture. 4) On dimensions product, the implementation of CFS program supports the formation of students character, namely religious, nationalist, independent, mutual cooperation, and integrity. Furthermore, the implementation of CFS program is able to improve students skills and knowledge. Keywords: character, child-friendly school (CFS), CIPP evaluation model PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - EVALUASI PROGRAM SATUAN PENDIDIKAN RAMAH ANAK (SRA) DALAM MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI 2 PESAWARAN AV - restricted EP - 136 ER -