%A 1313093101 Sarwati %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN TEMA LINGKUNGNA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS III SD NEGERI 3 WIYONO KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2014-2015 %X Berdasarkan hasil observasi awal di Sekolah Negeri 2 Wiyono aktivitas belajar siswa rendah dan hasil belajar di bawah KKM. Penelitia ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pemebelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran pendekatan kontekstual. metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, obsrvasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data digunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran untuk mengetahui hasil belajar digunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pendekatan konteksual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pembelajaran tematik. Hal ini ditunjukkan data dimana pada siklus I rata-rata aktivitas siswa 64% dan pada siklus II 84%, meningkat sebesar 20%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I 67,17 dan pada siklus II rata-rata hasil belajar 81,17. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pendekatan konteksual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pembelajaran tematik pada Sekolah Dasar Negeri 3 Wiyono Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata Kunci: Pendekatan Konteksual, aktivitas belajar, hasil belajar. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %I FA KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints7269