%0 Thesis %9 Masters %A Meisita, Sari %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2023 %F eprints:72697 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %P 1923022021 %T PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI STEM BERBANTUAN LMS (LEARNING MANAGEMENT SYSTEM) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF %U http://digilib.unila.ac.id/72697/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis masalah terintegrasi STEM berbantuan LMS (Learning Management System) yang valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan desain pengembangan model four D yang terdiri dari empat tahapan, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul valid, praktis, dan efektif. Pada uji kevalidan dinyatakan sangat layak dengan persentase kelayakan isi sebesar 89% dan konstruk 88%. Analisis angket keterbacaan diperoleh hasil persentase 80% dengan kategori keterbacaan baik, analisis keterlaksanaan diperoleh rata-rata persentase sebesar 79,07% hal ini mengindikasikan bahwa e-modul yang dikembangkan praktis. Keefektifan dilihat dari peningkatan n-gain sebesar 0,54 dengan kategori sedang dan hasil independent paired t-test diperoleh nilai signifikansi < 0,05 bahwa e-modul yang telah dikembangkan efektif untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci: E-modul, LMS, STEM, Keterampilan Berpikir Kreatif