TY - THES ID - eprints72697 UR - http://digilib.unila.ac.id/72697/ A1 - Meisita, Sari Y1 - 2023/04/14/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis masalah terintegrasi STEM berbantuan LMS (Learning Management System) yang valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan desain pengembangan model four D yang terdiri dari empat tahapan, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul valid, praktis, dan efektif. Pada uji kevalidan dinyatakan sangat layak dengan persentase kelayakan isi sebesar 89% dan konstruk 88%. Analisis angket keterbacaan diperoleh hasil persentase 80% dengan kategori keterbacaan baik, analisis keterlaksanaan diperoleh rata-rata persentase sebesar 79,07% hal ini mengindikasikan bahwa e-modul yang dikembangkan praktis. Keefektifan dilihat dari peningkatan n-gain sebesar 0,54 dengan kategori sedang dan hasil independent paired t-test diperoleh nilai signifikansi < 0,05 bahwa e-modul yang telah dikembangkan efektif untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci: E-modul, LMS, STEM, Keterampilan Berpikir Kreatif PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI STEM BERBANTUAN LMS (LEARNING MANAGEMENT SYSTEM) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF AV - restricted EP - 1923022021 ER -