%A MULIA TARISYA VITRI %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MAZE ANGKA TERHADAP KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK LPM HADIMULYO KECAMATAN METRO PUSAT %X Masalah dalam penelitian ini yaitu kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun belum berkembang secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media maze angka terhadap kecerdasan logika matematika pada anak usia 5-6 tahun. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 96 anak usia 5-6 tahun di Kelurahan Hadimulyo Timur, Kecamatan Metro Pusat dengan menggunakan purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 44 anak di TK LPM Hadimulyo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai n-gain kelas eksperimen sebesar 0,627 yang memiliki arti bahwa pengaruh penggunaan media maze angka terhadap kecerdasan logika matematika anak berada pada kategori sedang. Kemudian, hasil pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test mendapatkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media maze angka terhadap kecerdasan logika matematika anak. Kata Kunci: media maze angka, kecerdasan logika matematika, anak usia dini ABSTRACT The problem of this study was the mathematical logic intelligence of children aged 5-6 years has not developed optimally. This study aims to determine the effect of using number maze media on mathematical logic intelligence in children aged 5-6 years. Researchers used a type of quantitative research with quasiexperimental methods. The population in this study amounted to 96 children aged 5-6 years in East Hadimulyo Village, Central Metro District using purposive sampling to obtain a sample of 44 children in TK LPM Hadimulyo. The data collection technique in this study was conducted by observation. The data analysis technique used is the independent sample t-test. The result showed an increase in the n-gain value of the experimental class by 0.627, which means that the effect of using number maze media on children?s mathematical logical intelligences is in the medium category. Then, the results of testing the hypothesis using the independent sample t-test obtained a Sig.(2-tailed) value of 0.00 < 0.05 Ha was accepted, which means that there was a significant effect between the use of number maze media on children?s logical mathematical intelligence. Keywords: number maze media, mathematical logic intelligence, early childhood %D 2023 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1913054023 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints72700