TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints7275 UR - http://digilib.unila.ac.id/7275/ A1 - Eviliana, 1013079201 Y1 - 2015/01/21/ N2 - Berdasarkan daftar nilai pada Ujian Akhir Semester Genap di SD Negeri 2 Krawangsari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, aktivitas dan hasil belajar IPA Kelas V masih 30% siswa dibawah KKM yang ditentukan yaitu 65, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA menggunakan model cooperative type jigsaw. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian ini berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap meliputi, perncanaan , pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Pengumpulan data dalam PTK ini menggunakan instrument berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa dan lembar observasi kinerja guru dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa digunakan tes hasil belajar. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative type jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 2 Krawangsari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Hal ini ditunjukkan berdasarkan peningkatan rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (62%) menjadi (70%) pada siklus II, sedangkan peningkatan rata-rata kinerja guru pada siklus I (44) menjadi (74) pada siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I (62) menjadi (69) pada siklus II. Kata kunci : cooperative type jigsaw, aktivitas belajar, hasil belajar. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE JIGSAW BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KRAWANGSARI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN AV - restricted ER -