%0 Generic %A AFTA , FANIA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:72766 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH METODE QUIZ TEAM DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 44 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023) %U http://digilib.unila.ac.id/72766/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode quiz team dalam pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 44 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2022/2023 yang terdistribusi dalam enam kelas. Sampelnya yaitu siswa kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah posttest-only control group design. Data penelitian ini merupakan data kuantitatif yang diperoleh dari tes pemahaman konsep matematis siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran kooperatif tipe quiz team lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematis siswa tanpa pembelajaran kooperatif tipe quiz team. Dengan demikian, penerapan Metode quiz team dalam pembelajaran kooperatif berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Pemahaman konsep matematis siswa, pembelajaran kooperatif, quiz team