%0 Generic %A Feri , Setiawan %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:72767 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE MEET DAN INSTAGRAM DI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/72767/ %X Tujuan penelitian ini yaitu ingin mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 13 Bandar Lampung menggunakan aplikasi google meet dan instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan memfokuskan kepada pembelajaran seni budaya dalam menggunakan aplikasi google meet dan instagram. Adapun teknik yang diperoleh pada penelitian ini dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa pembelajaran seni budaya menggunakan aplikasi google meet dan instagram dilakukan dalam empat kali pertemuan dengan tiga tahap yaitu: persiapan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pada pertemuan pertama didapatkan hasil, bahwa siswa mampu mengerjakan tugas menganalisis yang dijabarkan pada pertemuan kedua dengan 80% siswa mengerjakan dengan baik, dan 20% cukup. Kemudian tugas pertemuan kedua yang dijabarkan pada pertemuan ketiga yaitu 88,5% siswa mengerjakan dengan baik, 5,7%cukup, 5,7%kurang. Lalu hasil pada pertemuan terakhir didapatkan hasil bahwa 94,3 siswa mengerjakan dengan baik, dan 5,7 cukup. Sehingga jika dilihat dari penilaian dan perkembangan bahwa pembelajaran seni budaya menggunakan aplikasi google meet dan instagram di SMA Negeri 13 Bandar Lampung dapat dikategorikan baik dalam pembelajaran. Kata Kunci: Pembelajaran, Aplikasi google meet dan instagram ABSTRACT The purpose of this study is to describe how the process of learning arts and culture at SMA Negeri 13 Bandar Lampung uses the Google Meet and Instagram applications. This study uses a qualitative method with a descriptive approach by focusing on learning arts and culture using the Google Meet and Instagram applications. The techniques obtained in this study by means of observation, interviews and documentation were then analyzed through data reduction, presentation and drawing conclusions. The results of this study indicate that learning art and culture using the Google Meet and Instagram applications is carried out in four meetings with three stages, namely: preparation, core activities and closing activities. At the first meeting it was found that students were able to do the analytical task described in the second meeting with 80% of students doing well, and 20% enough. Then the task of the second meeting which was described at the third meeting was 88.5% of students doing well, 5.7% enough, 5.7% less. Then the results at the last meeting showed that 94.3 students did well, and 5.7 was enough. So when viewed from the assessment and development that learning arts and culture using the Google Meet and Instagram applications at SMA Negeri 13 Bandar Lampung can be categorized as good in learning. Keywords: Learning, google meet and instagram applications