@misc{eprints72853, month = {Juni}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Gadingrejo Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023)}, author = {1913021030 FEBRI }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/72853/}, abstract = {ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 4 Gadingrejo Tahun Pelajaran 2022/2023) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gadingrejo tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 156 siswa yang terdistribusi ke dalam 5 kelas secara heterogen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B dan VII-C yang masing-masing terdiri dari 31 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil uji kesamaan dua ratarata (uji-t) diperoleh bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: inkuiri terbimbing, pemahaman konsep matematis, pengaruh.} }