TY - THES ID - eprints72858 UR - http://digilib.unila.ac.id/72858/ A1 - Siska, Pratama Y1 - 2023/06/06/ N2 - Masalah penelitian ini berawal dari hasil analisis kebutuhan pada pembelajaran peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk e-modul tematik berbasis kontekstual yang layak dan efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Developments (R&D), Pengembangan dilakukan mengacu pada teori Borg & Gall. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas III Gugus Umpu Semenguk. Sampel penelitian ini ditentukan dengan Teknik Purposive Sampling yang sesuai dengan tujuan penelitian dan diperoleh sebanyak 25 peserta didik. Alat pengumpul data menggunakan instrumen tes yang valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji paired t-test dengan hasil perhitungan sebesar 0,001 atau kurang dari 0,05 di kelompok kelas sebelum menggunakan produk dan sesudah menggunakan produk. Berdasarkan data yang didapatkan dari hasil penelitian tersebut e-modul tematik berbasis kontekstual untuk meningkatkan keterampilan berpikir peserta didik valid untuk digunakan, e-modul tematik berbasis kontekstual efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, E-Modul, Kontekstual PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK TEMATIK BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS III UPT SDN 03 NEGERI BATIN AV - restricted ER -