@misc{eprints730, month = {Maret}, title = {PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SEKOLAH DASAR TUNAS MEKAR INDONESIA (TMI) DI BANDAR LAMPUNG }, author = {Denny Indrajit Jaya Syarif Darmawan}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Ekonomi}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/730/}, abstract = {Pada latar belakang dijelaskan bahwa total biaya sekolah di Tunas Mekar Indonesia pada jenjang SD adalah sebesar Rp 21.550.000, Total biaya sekolah di Global Surya pada jenjang SD adalah sebesar Rp 14.800.000 Total biaya sekolah di Star Kids pada jenjang SD adalah sebesar Rp 14.000.000 Total biaya sekolah di Sekolah Darma Bangsa pada jenjang SD adalah sebesar 18.000.000. Hal tersebut menjelaskan persaingan beberapa sekolah dasar swasta yang terkemuka di Bandar Lampung dengan biaya tertinggi ada pada sekolah dasar TMI. Sehingga dengan biaya tersebut diduga Sekolah Dasar Tunas Mekar Indonesia (TMI) Bandar Lampung dinilai lebih mampu meningkatkan minat orang tua murid yang berdampak bagi keputusan memilih jasa pendidikan sekolah tersebut melalui peningkatan peranan lokasi, harga, kualitas pendidikan dan fasilitas. Lokasi yang strategis juga akan menarik minat konsumen untuk menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut. Sedangkan harga yang tinggi harus mampu diimbangi dengan kualitas pendidikan yang terbaik. Maka, kesesuaian biaya yang tinggi dan apa yang menjadi output layanan TMI haruslah baik, dengan menghimpun pendapat melalui kuisioner yang diiisi para wali murid yang menyekolahkan anak mereka di TMI sumber data penelitian ini diperoleh yang selanjutnya akan dikumpulkan sebagai input untuk diolah agar mengetahui adakah pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian di sekolah dasar TMI. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui kuisioner ini dengan mengambil sampel sebanyak 140 responden. Validitas dan reliabilitas akan dianalisis lebih lanjut dari hasil kuesioner tersebut menggunakan analisis faktor sehingga menghasilkan kelayakan untuk pengujian selanjutnya. Pengolahan data untuk mengetahui pengaruh variabel yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis berupa Uji F untuk melihat hasil pengaruh secara keseluruhan atau seimultan dan Uji t untuk melihat hasil pengaruh secara parsial arau persatuan veriabel X yang diteliti terhadap variabel Y. Hasil uji t didapatkan nilai yang signifikan dimana perbandingan t dengan t tabel. Dengan kriteria ini yaitu t hitung lebih besar dari t tabel hitung pada taraf signifikan 95\%. maka uji t dinyatakan menghasilkan pengaruh terhadap minat beli konsumen pada TMI secara parsial. Kemudian hasil uji F memperlihatkan dengan kriteria F hitung {\ensuremath{>}} F tabel yaitu 18,818 {\ensuremath{>}} 2.01 maka artinya bahwa bauran pemasaran (produk, harga, distribusi, promosi, orang, bukti fisik, proses) secara bersama-sama (simultan) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian jika dinilai dari taraf signifikansi yaitu 0,05, maka nilai signifikansi yang diperoleh pada tabel yaitu 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa bauran pemasaran berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada TMI dapat diterima. Kata kunci: Bauran pemasaran dan Keputusan pembelian. } }