%0 Generic %A SINTIA , ASTARIANA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:73027 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH MATHLA’UL ANWAR GISTING TAHUN AJARAN 2019/2020 %U http://digilib.unila.ac.id/73027/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat self esteem pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan self esteem siswa melalui teknik assertive training di MA Mathla’ul Anwar Gisting. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain times series design. Subjek penelitian sebanyak 7 siswa yang didapat dari data pre-test. Teknik pengumpulan data menggunakan skala self esteem. Hasil penelitian menunjukkan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 dengan taraf signifikan 0,01. Karena nilai 0,001 < 0,05, dengan demikian Ho di tolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh signifikan terhadap self esteem siswa sebelum dilksanakan layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training skor siswa meningkat lebih tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik assertive training pada siswa kelas XI Ma Mathla’ul Anwar Gisting. Kata kunci: konseling kelompok, self esteem, assertive training The problem in this study is the low level of self-esteem in students. The purpose of this study was to increase student self-esteem through assertive training techniques at MA Mathla'ul Anwar Gisting. This study uses a quasi-experimental method with a times series design. The research subjects were 7 students obtained from pre-test data. The data collection technique uses a self-esteem scale. The results of the research show the value of Asymp.Sig. (2-tailed) of 0.001 with a significant level of 0.01. Because the value is 0.001 <0.05, thus Ho is rejected and Ha is accepted, which means that there is a significant influence on student selfesteem before the group counseling service is carried out with the assertive training technique. Students' scores increase higher. The conclusion of this study is that there is a significant effect after being given group counseling services using assertive training techniques to class XI Ma Mathla'ul Anwar Gisting students. Keywords: group counseling, self esteem, assertive training