title: PERAN GURU SEBAGAI PEMBIMBING DALAM PENANAMAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI (STUDI DESKRIPTIF PADA GURU DI KECAMATAN SUKOHARJO TAHUN 2021) creator: ERVI , SEPTIA NINGRUM subject: 303 Proses sosial subject: 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial subject: 370 Pendidikan description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan nilai karakter kemandirian kepada anak usia dini usia 4-5 tahun di Kecamatan Sukoharjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif Sampel dalam penelitian ini adalah guru PAUD yang berjumlah 56. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket, sedangkan analisis data digunakan uji statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan cukup baik sebagai pembimbing dalam penanaman kemandirian anak usia dini usia 4-5 di Kecamatan Sukoharjo. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui dari 56 guru yang diteliti terlihat peran guru sebagai pembimbing dalam penanaman kemandirian anak usia dini berada pada kategori cukup baik (39,28%), persentasenya yakni, sangat baik (0%) 0 responden, baik (26,78%) 15 responden, yang sedang (39,28 %) 22 responden, rendah (30,35%) 17 responden, dan yang sangat rendah (3.57%) 2 responden. Dari hasil tersebut penyebab peran guru dalam menanamkan kemandirian AUD dalam kategori cukup baik, dikarekan ada 2 indikator yang mempengaruhi hasil dari penelitian yang berada dalam hasil yang sedang yaitu dimensi indikator guru sebagai konsultan dan motivator. Kata Kunci : guru, peran, karakter kemandirian publisher: FKIP date: 2022-09-22 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/73048/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/73048/2/skripsi%20full.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/73048/3/skripsi%20no%20bab%204.pdf identifier: ERVI , SEPTIA NINGRUM (2022) PERAN GURU SEBAGAI PEMBIMBING DALAM PENANAMAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI (STUDI DESKRIPTIF PADA GURU DI KECAMATAN SUKOHARJO TAHUN 2021). FKIP, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/73048/