TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints73054 UR - http://digilib.unila.ac.id/73054/ A1 - RANI AYU NINGTIYAS, 1613041045 Y1 - 2023/06/13/ N2 - ABSTRAK PENGEMBANGAN SKENARIO PEMBELAJARAN TEKS FABEL MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS VII SMP Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu bagaimana pengembangan skenario pembelajaran teks fabel dengan model problem based learning (PBL) untuk siswa kelas VII SMP dan bagaimana kelayakan skenario pembelajaran teks fabel dengan model problem based learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk skenario pembelajaran teks fabel dengan model problem based learning (PBL) dan mendeskripsikan kelayakan skenario pembelajaran teks fabel dengan model problem based learning (PBL). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) mengacu pada prosedur pengembangan Sugiyono yang disederhanakan hanya sampai lima tahapan dimulai dari (1) Pengumpulan informasi, (2) Membuat desain produk, (3) Validitas desain, (4) Perbaikan desain, dan (5) Pembuatan produk tahap akhir. Data penelitian ini ialah hasil wawancara guru SMP Perintis 2 Bandarlampung dan hasil validasi produk skenario pembelajaran teks fabel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan angket. Penelitian ini menghasilkan produk skenario pembelajaran teks fabel dengan model problem based learning untuk siswa kelas VII SMP yang telah melalui tahap uji validitas dan dinyatakan layak untuk digunakan. Kelayakan skenario pembelajaran sesuai dengan hasil validasi berdasarkan aspek kelayakan isi, penyajian, dan bahasa. Kata kunci: skenario pembelajaran, teks fabel, problem based learning PB - Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGEMBANGAN SKENARIO PEMBELAJARAN TEKS FABEL MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP AV - restricted ER -