@misc{eprints73065, month = {Juni}, title = {HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA TAHUN KE-3 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {AFIFALDO BERLYANTAMA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {KEDOKTERAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/73065/}, abstract = {Latar Belakang: Motivasi dapat disebut sebagai suatu dorongan dalam melakukan kegiatan untuk mencapai suatu tujuan seperti pengetahuan atau keterampilan yang ingin dicapai. Munculnya motivasi belajar dalam diri seseorang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor yang berasal dari dalam diri sendiri (internal) serta faktor yang berasal dari luar diri sendiri (eksternal). Berdasarkan penjelasan yang telah disebutkan, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul ?Hubungan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Tahun Ke-3 di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Metode: Berdasarkan data penelitian yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung menggunakan analisis cross sectional dengan metode total sampling dan telah disetujui etik. Data hasil riset sebesar 97 responden yang sesuai dengan kriteria inklusi. Hasil: Berdasarkan data yang di analisis, responden sebanyak 33 orang memiliki kategori interaksi teman sebaya yang sedang dan motivasi belajar yang sedang (34\%). Sebanyak 24 responden memiliki kategori interaksi teman sebaya yang tinggi dan motivasi belajar yang tinggi (24,7\%), lalu sebanyak 11 responden memiliki kategori interaksi teman sebaya yang tinggi dan motivasi belajar yang sedang (11.4\%), dan sebanyak 29 responden memiliki kategori interaksi teman sebaya yang sedang dan motivasi belajar yang sedang (29,9\%). Hasil uji chi square menunjukkan p value sebesar 0,038 {\ensuremath{<}} 0,050. Kesimpulan: Terdapat hubungan interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar mahasiswa tahun ke-3 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Kata Kunci: Motivasi belajar, Interaksi teman sebaya, Mahasiswa} }