@misc{eprints73108, month = {Juni}, title = {LEMBAGA FILANTROPI SOSIAL DI INDONESIA ( Review Terhadap Kajian Manajemen Strategis Organisasi Publik di Lembaga Filantropi Sosial )}, author = {SASTRAWAN PANJI }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK }, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/73108/}, abstract = {Kondisi lembaga filantropi pada saat ini sebagai organisasi publik mengalami stagnansi atau bahkan berhenti pada program-program yang digulirkan. maka lembaga filantropi dituntut memiliki perencanaan strategis secara jangka panjang untuk mengatasi dan mengantisipasi masalah yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem manajemen strategi yang diterapkan oleh lembaga filantropi sosial di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur atau studi kepustakaan (Library Research) dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan Terdapat tiga pembahasan yaitu paradigma filantropi, pendanaan atau keuangan, dan membangun citra atau branding. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa lembaga filantropi sosial di Indonesia berada pada kuadran 4 atau ST. kuadran ini menjelaskan keadaan lembaga filantropi harus mengurangi ancaman dan memanfaatkan kekuatan yang dimilikinya. Strategi yang dianjurkan adalah strategi diversifikasi, dimana lembaga filantropi sosial harus melakukan pengembangan strategi yang dapat memperluas jangkauan masyarakat melalui berbagai program. Secara keseluruhan Lembaga Filantropi di Indonesia dengan melihat teori dari Hunger (2009) masih terkategori pada tahap awal yaitu Basic financial planning, yaitu perencanaan organisasi/perusahaan yang didasarkan pada perencanaan keuangan. Kata Kunci : Filantropi Sosial, Manajemen Strategis, Analisis SWOT} }