TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints73195 UR - http://digilib.unila.ac.id/73195/ A1 - Ghia , Tamy Safira Y1 - 2023/06/12/ N2 - Masalah dalam penilitian ini adalah bagaimana perancangan pembelajaran menulis teks puisi berdasarkan teori S-R (Stimulus Respon) untuk peserta didik kelas X SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perancangan pembelajaran menulis teks puisi berdasarkan teori S-R (Stimulus Respon) untuk peserta didik kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan metode deksripsi kualitatif , yakni menggambarkan hasil perancangan pembelajaran menggunakan teori S-R (Stimulus Respon) dengan proses pengolahan data secara bertahap terhadap perancangan pembelajaran yang dibuat peneliti, melalui saran dan kritik para pakar yaitu dosen dan pendidik. Hasil penelitian ini yakni mendeskripsikan rancangan pembelajaran yang dibuat oleh peneliti dan yang telah disepakati oleh para pakar menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner (angket). Berdasarkan kesepakatan pendapat para pakar tersebut, bahwa hasil perancangan pembelajaran menulis teks puisi berdasarkan model S ? R untuk siswa kelas X SMA ini dibuat dengan berdasarkan komponen rancangan pembelajaran. Kata kunci : Teori S ?R, Perancangan pembelajaran dan Teks Puisi PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PERANCANGAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI BERDASARKAN TEORI SR (STIMULUS RESPON) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA AV - restricted ER -