creators_name: UMMUL , USLIMA creators_id: 1923025013 type: thesis datestamp: 2023-06-27 04:04:31 lastmod: 2023-06-27 04:04:31 metadata_visibility: show title: PENGEMBANGAN e-MODUL INTERAKTIF BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUE PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP/MTs ispublished: unpub subjects: 500 subjects: 507 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis Socio Scientific Issue (SSI) yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) dilakukan dengan empat tahap yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII B di MTs Nur El-Ihsan Katibung yang berjumlah 30 siswa tiap kelasnya. Desain uji coba yang peneliti gunakan yakni Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa 1) e-modul interaktif berbasis SSI dinyatakan valid ditinjau dari aspek kelayakan isi dan konstruksi 2) e-modul interaktif berbasis SSI praktis digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa ditinjau dari respon siswa mendapatkan skor rata-rata 93,25% dengan kategori sangat tinggi dan mendapatkan skor rata-rata 89,80% dengan kategori sangat tinggi; 3) e-modul interaktif berbasis SSI efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan nilai rata-rata n-gain kelas eksperimen 0,48 dengan kategori sedang dan kelas kontrol 0,15 dengan kategori rendah. Serta berdasarkan perhitungan effect size kelas eksperimen mendapatkan nilai 1,13 dengan arti memiliki pengaruh yang kuat dan kelas kontrol mendapatkan nilai 0,16 dengan arti memiliki pengaruh yang lemah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif berbasis SSI hasil pengembangan dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci : e-modul interaktif, Socio Scientific Issue, kemampuan berpikir kritis date: 2023-06-19 date_type: submitted institution: Universitas Lampung department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: masters citation: UMMUL , USLIMA (2023) PENGEMBANGAN e-MODUL INTERAKTIF BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUE PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP/MTs. Masters thesis, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/73203/1/1.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/73203/2/TESIS%20UMMUL%20USLIMA%20LENGKAP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/73203/3/TESIS%20UMMUL%20USLIMA%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf