<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . " \r\nPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI\r\nCAPCUT PADA MATERI BANDUNG LAUTAN API UNTUK \r\nMENINGKATKAN HISTORICAL EMPATHY PESERTA DIDIK DI\r\nKELAS XI MAN 2 BANDAR LAMPUNG "^^ . "ABSTRAK\r\n \r\nPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI\r\nCAPCUT PADA MATERI BANDUNG LAUTAN API UNTUK \r\nMENINGKATKAN HISTORICAL EMPATHY PESERTA DIDIK DI\r\nKELAS XI MAN 2 BANDAR LAMPUNG \r\n\r\n\r\n \r\nPenelitian ini mengenai pengembangan media video animasi pada materi\r\nperistiwa Bandung Lautan Api berbasis aplikasi Capcut sebagai media\r\npembelajaran sejarah yang dapat membantu pendidik dan peserta didik dalam\r\nkegiatan pembelajaran. Permasalahan pada penelitian adalah bagaimana\r\nkelayakan produk video pembelajaran berbasis aplikasi Capcut pada materi\r\nBandung Lautan Api untuk meningkatkan historical empathy peserta didik di\r\nkelas XI MAN 2 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah\r\npengembangan (Research and Development atau R&D). Penelitian ini mengacu\r\npada model pengembangan ADDIE, yang menggunakan 5 langkah tahapan dalam\r\npenelitian, yaitu 1) Analysis 2) Design 3) Development 4) Implementation 5)\r\nEvaluation. Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui\r\nkelayakan video animasi dan mengetahui respons peserta didik terhadap\r\nkemenarikan media video animasi berbasis aplikasi Capcut sebagai media\r\npembelajaran sejarah yaitu menggunakan skala Likert. Analisis data yang\r\ndilakukan yaitu mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif dari ahli media, ahli\r\nmateri, peserta didik kelas XI MAN 2 Bandar Lampung. Hasil penelitian yang\r\ntelah dikembangkan memperoleh desain media pembelajaran berupa video\r\nanimasi pada pembelajaran sejarah dengan persentase kelayakan ahli media 88%,\r\nahli materi 90% dan praktisi pendidikan (guru sejarah) 89% dengan kriteria\r\n“sangat layak”. Persentase respons peserta didik terhadap angket afektif historical\r\nempathy pada uji coba memperoleh persentase 87,13% dengan kriteria sangat\r\nvalid. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji coba produk maka penulis dapat\r\nmenyimpulkan bahwa media pembelajaran berupa video pembelajaran berbasis\r\naplikasi Capcut pada materi peristiwa Bandung Lautan Api layak untuk\r\ndigunakan untuk meningkatkan historical empathy peserta didik. \r\n\r\nKata Kunci: Video Pembelajaran, Aplikasi Capcut, peristiwa Bandung \r\nLautan Api \r\n\r\nABSTRACT \r\nDEVELOPMENT OF CAPCUT APPLICATION-BASED LEARNING\r\nVIDEOS ON BANDUNG LAUTAN API MATERIAL TO INCREASE \r\nHISTORICAL EMPATHY OF STUDENTS IN CLASS XI MAN 2 BANDAR\r\nLAMPUNG \r\n\r\nBy \r\nWinda Pitriani Parhamah\r\n\r\nThis research is about the development of animated video media on the Bandung \r\nLautan Api event material based on the Capcut application as a historical\r\nlearning media that can help educators and students in learning activities. The\r\nproblem in the research is how the feasibility of Capcut application-based\r\nlearning video products on the Bandung Lautan Api material to increase\r\nhistorical empathy of students in class XI MAN 2 Bandar Lampung. The type of\r\nresearch to be carried out is development (Research and Development or R & D).\r\nThis research refers to the ADDIE development model, which uses 5 steps in\r\nresearch, namely 1) Analysis 2) Design 3) Development 4) Implementation 5)\r\nEvaluation. The instrument used is in the form of an assessment scale to\r\ndetermine the feasibility of animated videos and determine the response of\r\nstudents to the attractiveness of animated video media based on the Capcut \r\napplication as a historical learning media, namely using the Likert scale. The\r\ndata analysis carried out was to collect qualitative and quantitative data from\r\nmedia experts, material experts, students of class XI MAN 2 Bandar Lampung.\r\nThe results of the research that have been developed obtained learning media\r\ndesigns in the form of animated videos in history learning with a percentage of\r\neligibility of media experts 88%, material experts 90% and education\r\npractitioners (history teachers) 89% with the criteria \"very feasible\". The\r\npercentage of students' responses to the historical empathy affective questionnaire\r\nin the trial obtained a percentage of 87.13% with very valid criteria. Based on the\r\nresults of expert validation and product trials, the author can conclude that\r\nlearning media in the form of Capcut application-based learning videos on the\r\nBandung Lautan Api event material is feasible to be used to increase students'\r\nhistorical empathy. \r\n\r\nKeywords: Learning Video, Capcut Application, Bandung Lautan Api even\r\n\r\n"^^ . "2023-06-05" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . "PITRIANI PARHAMAH "^^ . "WINDA "^^ . "PITRIANI PARHAMAH WINDA "^^ . . . . . . " \r\nPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI\r\nCAPCUT PADA MATERI BANDUNG LAUTAN API UNTUK \r\nMENINGKATKAN HISTORICAL EMPATHY PESERTA DIDIK DI\r\nKELAS XI MAN 2 BANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI\r\nCAPCUT PADA MATERI BANDUNG LAUTAN API UNTUK \r\nMENINGKATKAN HISTORICAL EMPATHY PESERTA DIDIK DI\r\nKELAS XI MAN 2 BANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI\r\nCAPCUT PADA MATERI BANDUNG LAUTAN API UNTUK \r\nMENINGKATKAN HISTORICAL EMPATHY PESERTA DIDIK DI\r\nKELAS XI MAN 2 BANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI\r\nCAPCUT PADA MATERI BANDUNG LAUTAN API UNTUK \r\nMENINGKATKAN HISTORICAL EMPATHY PESERTA DIDIK DI\r\nKELAS XI MAN 2 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . " \r\nPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI\r\nCAPCUT PADA MATERI BANDUNG LAUTAN API UNTUK \r\nMENINGKATKAN HISTORICAL EMPATHY PESERTA DIDIK DI\r\nKELAS XI MAN 2 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . " \r\nPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI\r\nCAPCUT PADA MATERI BANDUNG LAUTAN API UNTUK \r\nMENINGKATKAN HISTORICAL EMPATHY PESERTA DIDIK DI\r\nKELAS XI MAN 2 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . " \r\nPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI\r\nCAPCUT PADA MATERI BANDUNG LAUTAN API UNTUK \r\nMENINGKATKAN HISTORICAL EMPATHY PESERTA DIDIK DI\r\nKELAS XI MAN 2 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . " \r\nPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI\r\nCAPCUT PADA MATERI BANDUNG LAUTAN API UNTUK \r\nMENINGKATKAN HISTORICAL EMPATHY PESERTA DIDIK DI\r\nKELAS XI MAN 2 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI\r\nCAPCUT PADA MATERI BANDUNG LAUTAN API UNTUK \r\nMENINGKATKAN HISTORICAL EMPATHY PESERTA DIDIK DI\r\nKELAS XI MAN 2 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI\r\nCAPCUT PADA MATERI BANDUNG LAUTAN API UNTUK \r\nMENINGKATKAN HISTORICAL EMPATHY PESERTA DIDIK DI\r\nKELAS XI MAN 2 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI\r\nCAPCUT PADA MATERI BANDUNG LAUTAN API UNTUK \r\nMENINGKATKAN HISTORICAL EMPATHY PESERTA DIDIK DI\r\nKELAS XI MAN 2 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI\r\nCAPCUT PADA MATERI BANDUNG LAUTAN API UNTUK \r\nMENINGKATKAN HISTORICAL EMPATHY PESERTA DIDIK DI\r\nKELAS XI MAN 2 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI\r\nCAPCUT PADA MATERI BANDUNG LAUTAN API UNTUK \r\nMENINGKATKAN HISTORICAL EMPATHY PESERTA DIDIK DI\r\nKELAS XI MAN 2 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . " \r\nPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI\r\nCAPCUT PADA MATERI BANDUNG LAUTAN API UNTUK \r\nMENINGKATKAN HISTORICAL EMPATHY PESERTA DIDIK DI\r\nKELAS XI MAN 2 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI\r\nCAPCUT PADA MATERI BANDUNG LAUTAN API UNTUK \r\nMENINGKATKAN HISTORICAL EMPATHY PESERTA DIDIK DI\r\nKELAS XI MAN 2 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI\r\nCAPCUT PADA MATERI BANDUNG LAUTAN API UNTUK \r\nMENINGKATKAN HISTORICAL EMPATHY PESERTA DIDIK DI\r\nKELAS XI MAN 2 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI\r\nCAPCUT PADA MATERI BANDUNG LAUTAN API UNTUK \r\nMENINGKATKAN HISTORICAL EMPATHY PESERTA DIDIK DI\r\nKELAS XI MAN 2 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . " \r\nPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI\r\nCAPCUT PADA MATERI BANDUNG LAUTAN API UNTUK \r\nMENINGKATKAN HISTORICAL EMPATHY PESERTA DIDIK DI\r\nKELAS XI MAN 2 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #73219 \n\n \nPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI \nCAPCUT PADA MATERI BANDUNG LAUTAN API UNTUK \nMENINGKATKAN HISTORICAL EMPATHY PESERTA DIDIK DI \nKELAS XI MAN 2 BANDAR LAMPUNG \n\n" . "text/html" . . . "378 Pendidikan tinggi, unversitas" . .