%A 1613052047 NIAROTUL ANJUMI %T HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN WAKTU DAN KECEMASAN AKADEMIK PADA MAHASISWA DI PONDOK PESANTREN DARUSSA?ADAH KH. ASYIKIN BANDAR LAMPUNG %X ABSTRAK HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN WAKTU DAN KECEMASAN AKADEMIK PADA MAHASISWA DI PONDOK PESANTREN DARUSSA?ADAH KH. ASYIKIN BANDAR LAMPUNG Oleh NIAROTUL ANJUMI Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingginya kecemasan akademik pada mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara manajemen waktu dan kecemasan akademik pada mahasiswa di Pondok Pesantren Darussa?adah Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi product moment. Populasi dan sampel pada penelitian ini terdiri dari 47 mahasiswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala manajemen waktu belajar dan skala kecemasan akademik. Hasil penelitian diperoleh terdapat hubungan antara manajemen waktu dan kecemasan akademik yang ditunjukkan r tabel sebesar 0,288 sedangkan r hitung sebesar -0,440 dan nilai signifikansi sebesar 0,02<0,05.Nilai korelasi sebesar -0,440 menunjukkan bahwa korelasi berada pada kategori sedang dengan arah negatif yang artinya semakin baik tingkat manajemen waktu maka semakin rendah tingkat kecemasan akademik. Kesimpulan pada penelitian ini adalah adalah terdapat hubungan yang signifikan dan negatif antara tingkat manajemen waktu dengan kecemasan akademik pada mahasiswa di Pondok Pesantren Darussa?adah KH. Asyikin Bandar Lampung. Kata kunci: manajemen waktu, kecemasan akademik, mahasiswa. The problem in this study is the high academic anxiety of students. The purpose of this study was to determine the relationship between time management and academic anxiety in students at Darussa'adah KH. Asyikin Islamic Boarding School Bandar Lampung. The research method used is product moment correlation. The population and sample in this study consisted of 47 students. Data collection techniques in this study used a study time management scale and an academic anxiety scale. The results showed that there was a relationship between time management and academic anxiety as shown by r table of 0.288 while the r count was -0.440 and a significance value of 0.02 <0.05. The correlation value of -0.440 indicated that the correlation was in the moderate category with a negative direction which means the better the level of time management, the lower the level of academic anxiety. The conclusion in this study is that there is a significant and negative relationship between the level of time management and academic anxiety in students at Darussa'adah KH. Asyikin Islamic Boarding School Bandar Lampung. Keywords: time management, academic anxiety.student. %D 2023 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1613052047 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints73242