%0 Thesis %9 Masters %A DUWITA , PANGESTI PUTRI %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2023 %F eprints:73248 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SCAFFOLDING DENGAN PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HOTS (Higher Order Thinking Skill) SISWA SMP %U http://digilib.unila.ac.id/73248/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program pembelajaran scaffolding dengan peer tutoring yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah dan HOTS siswa SMP. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE meliputi tahap (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluation). Subjek penelitian uji coba terbatas melibatkan 20 siswa kelas IX SMP Negeri 9 Bandar Lampung sedangkan uji coba lapangan melibatkan 64 siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Bandar Lampung yang dipilih secara purposive sampling yang terdiri dari kelas yang menggunakan pembelajaran scaffolding dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) validitas program pembelajaran scaffolding dengan peer tutoring dalam meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah dan HOTS memenuhi kriteria valid ditinjau dari aspek kesesuaian isi dan konstruksi; 2) kepraktisan program pembelajaran scaffolding dengan peer tutoring hasil pengembangan ditinjau dari penilaian keterlaksanaan pembelajaran melalui angket respon guru dan siswa, Adapun kemampuan guru mengelola pembelajaran berkategori sangat tinggi serta respon siswa setelah menggunakan program pembelajaran berkategori sangat tinggi; 3) Keefektivan program pembelajaran scaffolding dengan peer tutoring untuk keterampilan komunikasi ilmiah pada kelas yang menggunakan pembelajaran scaffolding ditinjau dari hasil observasi yang dilakukan berkategori sangat terampil sedangkan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional berkategori terampil. Selain itu, penilaian angket self-assessment keterampilan komunikasi ilmiah berkategori sangat terampil sedangkan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional berkategori terampil. Keefektivan program pembelajaran scaffolding dengan peer tutoring untuk meningkatkan keterampilan HOTS ditinjau dari n-Gain berkategori tinggi dan program pembelajaran secara konvensional diperoleh n-Gain berka-tegori sedang, hasil effect size berkategori sedang sehingga program pembelajaran scaffolding dengan peer tutoring berpengaruh terhadap keterampilan HOTS siswa. Kata kunci: Program pembelajaran, scaffolding, peer tutoring, keterampilan komunikasi ilmiah, HOTS