<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SCAFFOLDING\r\nDENGAN PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HOTS\r\n(Higher Order Thinking Skill) SISWA SMP"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program pembelajaran scaffolding\r\ndengan peer tutoring yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah dan HOTS siswa SMP. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE meliputi tahap (Analyze, Design,\r\nDevelopment, Implement, Evaluation). Subjek penelitian uji coba terbatas melibatkan 20 siswa kelas IX SMP Negeri 9 Bandar Lampung sedangkan uji coba\r\nlapangan melibatkan 64 siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Bandar Lampung yang\r\ndipilih secara purposive sampling yang terdiri dari kelas yang menggunakan pembelajaran scaffolding dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) validitas program pembelajaran scaffolding dengan peer tutoring dalam meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah\r\ndan HOTS memenuhi kriteria valid ditinjau dari aspek kesesuaian isi dan konstruksi; 2) kepraktisan program pembelajaran scaffolding dengan peer tutoring hasil\r\npengembangan ditinjau dari penilaian keterlaksanaan pembelajaran melalui angket\r\nrespon guru dan siswa, Adapun kemampuan guru mengelola pembelajaran berkategori sangat tinggi serta respon siswa setelah menggunakan program pembelajaran berkategori sangat tinggi; 3) Keefektivan program pembelajaran scaffolding\r\ndengan peer tutoring untuk keterampilan komunikasi ilmiah pada kelas yang\r\nmenggunakan pembelajaran scaffolding ditinjau dari hasil observasi yang dilakukan berkategori sangat terampil sedangkan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional berkategori terampil. Selain itu, penilaian angket self-assessment\r\nketerampilan komunikasi ilmiah berkategori sangat terampil sedangkan kelas\r\nyang menggunakan pembelajaran konvensional berkategori terampil. Keefektivan\r\nprogram pembelajaran scaffolding dengan peer tutoring untuk meningkatkan keterampilan HOTS ditinjau dari n-Gain berkategori tinggi dan program pembelajaran\r\nsecara konvensional diperoleh n-Gain berka-tegori sedang, hasil effect size berkategori sedang sehingga program pembelajaran scaffolding dengan peer tutoring\r\nberpengaruh terhadap keterampilan HOTS siswa.\r\nKata kunci: Program pembelajaran, scaffolding, peer tutoring, keterampilan\r\nkomunikasi ilmiah, HOTS"^^ . "2023-06-06" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "PANGESTI PUTRI"^^ . "DUWITA "^^ . "PANGESTI PUTRI DUWITA "^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SCAFFOLDING\r\nDENGAN PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HOTS\r\n(Higher Order Thinking Skill) SISWA SMP (File PDF)"^^ . . . "1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SCAFFOLDING\r\nDENGAN PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HOTS\r\n(Higher Order Thinking Skill) SISWA SMP (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SCAFFOLDING\r\nDENGAN PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HOTS\r\n(Higher Order Thinking Skill) SISWA SMP (File PDF)"^^ . . . "3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SCAFFOLDING\r\nDENGAN PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HOTS\r\n(Higher Order Thinking Skill) SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SCAFFOLDING\r\nDENGAN PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HOTS\r\n(Higher Order Thinking Skill) SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SCAFFOLDING\r\nDENGAN PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HOTS\r\n(Higher Order Thinking Skill) SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SCAFFOLDING\r\nDENGAN PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HOTS\r\n(Higher Order Thinking Skill) SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SCAFFOLDING\r\nDENGAN PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HOTS\r\n(Higher Order Thinking Skill) SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SCAFFOLDING\r\nDENGAN PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HOTS\r\n(Higher Order Thinking Skill) SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SCAFFOLDING\r\nDENGAN PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HOTS\r\n(Higher Order Thinking Skill) SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SCAFFOLDING\r\nDENGAN PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HOTS\r\n(Higher Order Thinking Skill) SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SCAFFOLDING\r\nDENGAN PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HOTS\r\n(Higher Order Thinking Skill) SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SCAFFOLDING\r\nDENGAN PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HOTS\r\n(Higher Order Thinking Skill) SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SCAFFOLDING\r\nDENGAN PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HOTS\r\n(Higher Order Thinking Skill) SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SCAFFOLDING\r\nDENGAN PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HOTS\r\n(Higher Order Thinking Skill) SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SCAFFOLDING\r\nDENGAN PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HOTS\r\n(Higher Order Thinking Skill) SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SCAFFOLDING\r\nDENGAN PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HOTS\r\n(Higher Order Thinking Skill) SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SCAFFOLDING\r\nDENGAN PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HOTS\r\n(Higher Order Thinking Skill) SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #73248 \n\nPENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SCAFFOLDING \nDENGAN PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN \nKETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH DAN HOTS \n(Higher Order Thinking Skill) SISWA SMP\n\n" . "text/html" . . . "607 Pendidikan, riset, topik terkait" . .