TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints7332 UR - http://digilib.unila.ac.id/7332/ A1 - Ria Apriyanti, 0853041034 Y1 - 2015/02/12/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Citra Tokoh Enong dalam novel Cinta di dalam Gelas karya Andrea Hirata dan kelayakannya sebagai bahan ajar di sekolah menengah atas (SMA). Tujuan penelitian ini adalah bagaimana mendeskripsikan citra perempuan yang terkandung dalam novel Cinta di Dalam Gelas karya Andrea hirata dan mendeskripsikan Kelayakan Citra Perempuan Dalam Novel Cinta Didalam Gelas Karya Andrea Hirata Sebagai Bahan Ajar Sastra Disekolah Menengah Atas (SMA) Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan kualitatif dengan pendekatan kritik sastra feminis. Tokoh Enong di dalam novel cinta di dalam gelas ini di analisis kemudian di indentifikasi citranya, yang selanjutnya dipaparkan citra tokoh Enong yang ada berdasarkan hasil pengidentifikasian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa citra tokoh Enong dalam novel cinta di dalam gelas karya Andrea Hirata di tampilkan sebagai berikut; citra tokoh Enong sebagai perempuan, sebagai anak, sebagai kakak, sebagai sahabat, sebagai anggota masyarakat, sebagai pekerja. Dari ke enam citra tokoh Enong tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa citra tokoh Enong dalam novel cinta di dalam gelas memiliki potensi sebagai sosok perempuan yang sabar, sebagai anak yang sangat mencintai ibunya, sebagai kakak yang baik dan penyayang, sebagai sahabat yang baik dan optimis, sebagai anggota masyarakat yang gigih menuntut ilmu dan sering membantu terhadap sesama, dan sebagai pekerja yang gigih dan bertanggung jawab di dalam pekerjaanya. Aspek pemilihan bahan ajar, yakni: aspek bahasa; aspek psikologi; dan aspek latar belakang budaya siswa, novel cinta di dalam gelas karya Andrea Hirata layak di jadikan bahan pengajaran sastra di SMA. Novel ini menggunakan bahasa yang mudah di mengerti siswa, secara psikologis dapat mengajarkan citra apa yang baik dan tidak baik di tiru siswa, secara latar belakang budaya novel ini telah mengusung budaya melayu yang dekat dengan siswa. Berdasarkan hasil tersebut, novel cinta di dalam gelas layak di jadikan bahan pengajaran sastra di sekolah menengah atas (SMA). PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - CITRA TOKOH ENONG DALAM NOVEL CINTA DI DALAM GELAS KARYA ANDREA HIRATA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) AV - restricted ER -