%A 0813024055 Wina Halimah %T PENGARUH MEDIA POWER POINT TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP An-Nur Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2013/2014) %X ABSTRAK Hasil observasi dan diskusi dengan guru IPA kelas VII di SMP An-Nur Tulang Bawang Tengah, diketahui bahwa selama ini siswa kurang aktif saat belajar di kelas. Hal ini dikarenakan guru juga kurang mengoptimalkan media yang ada, salah satunya dengan media yang dapat digunakan dalam pembelajaran yaitu media power point. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media power point terhadap aktivitas dan penguasaan konsep siswa. Desain penelitian ini adalah dengan pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIB dan VIIA yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitiannya berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan media power point yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media power point pada kelas eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan persentase rata-rata 86,63% dengan kriteria tinggi dibandingkan dengan aktivitas belajar pada kelas kontrol 72,40% dengan kriteria sedang. Dalam penelitian ini peningkatan aktivitas belajar siswa tidak diiringi dengan peningkatan penguasaan konsep (X ? N-gain eksperimen = 15,89?20,45; X ? N-gain kontrol = 14,39?20,15). Namun rata-rata nilai LKS pada kelas eksperimen (pertemuan ke-1 = 75,4 ? 5,1; pertemuan ke-2 = 80,3?3,2) menunjukkan perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol (pertemuan ke-1 = 70,9?7,1; pertemuan ke-2 = 74,5?6,3). Selain itu, sebagian besar siswa (94%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media power point. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media power point baik untuk meningkatkan aktivitas belajar namun kurang baik untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Kata kunci : media power point, aktivitas belajar siswa, penguasaan konsep siswa, klasifikasi makhluk hidup %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints7341