%0 Generic %A KURNIA , SARI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:73445 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T DIKSI DALAM IKLAN LIFEBUOY DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VII %U http://digilib.unila.ac.id/73445/ %X Masalah penelitian ini terkait diksi yang digunakan dalam iklan Lifebuoy. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan diksi iklan Lifebuoy. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah iklan Lifebuoy yang ditayangkan televisi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik simak, rekam, catat selanjutnya data tersebut diklasifikasikan sesuai kebutuhan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat diksi dalam iklan Lifebuoy yang bermakna denotasi dan tidak ditemukan data bermakna konotasi. Ada tiga iklan Lifebuoy pada tahun 2020, delapan iklan Lifebuoy pada tahun 2021, dan lima iklan Lifebuoy pada tahun 2022. Jumlah keseluruhan terdapat 296 makna dalam iklan Lifebuoy tahun 2020 – 2022. Perinciannya terdapat 296 makna denotasi dan 0 makna konotasi. Hasil penelitian diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP pada kurikulum merdeka belajar sebagai contoh pada saat pendidik menyampaikan materi teks deskripsi di SMP. Media yang digunakan oleh pendidik bahasa Indonesia sebagai salah satu media belajar yang dapat digunakan pengembangan kreatifitas peserta didik serta mampu membuat iklan dengan bahasa yang baik dan efektif, sehingga sumber data pelajaran seperti gambar, foto, dan video dapat dijadikan sumber pembelajaran bahasa Indonesia. Kata kunci : iklan, denotasi, konotasi, pembelajaran