%A 1013041085 Mutiara Dini %T KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %X Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan siswa menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014 Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 275 siswa yang tersebar ke dalam sembilan kelas yang kemudian diambil sampel dengan menggunakan teknik sampling sistematis berdasarkan urutan dari anggota yang telah diberi nomor urut, dari seluruh populasi didapat 45 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan memlalui tes menulis teks laporan hasil observasi yang telah ditentukan. Selanjutnya analisis data dilakukan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya, yaitu (1) mengumpulkan setiap lembar hasil tes siswa; (2) membaca setiap lembar hasil tes siswa; (3) mengoreksi hasil tes siswa; (4) memberi skor pada hasil tes siswa berdasarkan indikator yang telah ditentukan; Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh jumlah (1) Hasil belajar menulis teks laporan hasil observasi berdasarkan pengorganisasian unsur teks laporan hasil observasi menunjukkan nilai rata-rata kelas 93 yang tergolong dalam ketegori baik sekali, (2) Hasil belajar menulis teks laporan hasil observasi per indikator menunjukkan struktur kalimat dengan nilai rata-rata kelas 75 yang tergolong dalam kategori baik; kosakata dengan nilai rata-rata kelas 68 yang tergolong dalam kategori cukup; dan ejaan dengan nilai rata-rata kelas 73 yang tergolong dalam kategori cukup. %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints7352