title: PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH creator: Yolla, Amanda subject: 370 Pendidikan subject: 530 Fisika description: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kemampuan metakognisi siswa pada pembelajaran fisika berbasis pemecahan masalah yang valid, reliabel, dan praktis untuk digunakan. Penelitian pengembangan ini menggunakan 4 tahapan pengembangan yang diadaptasi dari Thiagarajan (1974), yakni: (1) define; (2) design; (3) develop; (4) disseminate. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan satu guru untuk menilai aspek konstruksi, substansi, dan bahasa. Berdasarkan hasil validasi ahli instrumen penilaian kemampuan metakognisi diperoleh sebesar 94,04% dalam kategori sangat valid. Oleh karena itu, instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan metakognisi siswa ini diujicobakan kepada 28 siswa dan selanjutnya dianalisis menggunakan model Rasch dengan berbantuan software Ministep 5.4.1. Berdasarkan hasil analisis data uji coba diperoleh sebanyak 6 butir soal instrumen kemampuan metakognisi dinyatakan valid. Soal-soal pada instrumen penilaian kemampuan metakognisi siswa dinyatakan reliabel dengan nilai alpha Cronbach sebesar 0,67 dengan kategori cukup. Uji kepraktisan instrumen penilaian ini memperoleh ratarata skor sebesar 88,98 dengan kriteria sangat tinggi. Produk akhir dari instrumen yang telah dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan instrumen yaitu valid, reliabel, dan praktis. Kata kunci: Instrumen penilaian, kemampuan metakognisi, pemecahan masalah. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2023-06-14 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/73546/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/73546/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/73546/14/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Yolla, Amanda (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/73546/